Sampul buku dari kain

Update. September 24. 2015
Ketika pertama kali mengupload tutorial cara membuat sampul buku dari kain ini (bulan Juli 2013), terus terang aku nggak menyangka jika traffic-nya akan setinggi sekarang. Sehingga ketika belakangan menyadarinya, maka aku pun berusaha memposting tutorial baru dimana foto-foto dan deskripsinya jauh lebih bagus (menurutku). Ehk.

http://www.vinasnippets.com/2015/07/fabric-book-cover-sampul-buku-dari-kain.html
Silakeun klik pada foto di atas kalau pengen ngeliat postingan baru tersebut, ya.

Tentu saja dengan harapan agar pembaca yang udah kesasar kemari nggak kecewa karena bisa menemukan tute yang bagus dan nggak membingungkan. Tapi ternyata, traffic pada postingan ini masih aja tinggi. 

Maka baiklah.
Pada akhirnya monggo terserah para pembaca aja mau memilih tute yang mana (untuk diikuti). Yang lama ini, boleh. Yang baru, boleh. Bebas. Karena intinya mah aku cuma pengen semua pembaca yang main ke Random Snippets itu bisa seneng. Aaw ...

Demikian.
Terima kasih.
Sekian update dari saya.


***

CARA MEMBUAT SAMPUL BUKU DARI KAIN


Sebenernya ini craft yang udah jadi sejak lama (dua? tiga bulan yang lalu?). Cuman emang telat posting aja. Keinget untuk mengunggahnya pun karena Shanti (ex MPers dengan ID: myshant) request tutorialnya ketika kami bales-balesan comment di Facebook. Maka inilah. Semoga bermanfaat.


SAMPUL BUKU dari KAIN

Bahan.
- Kain
- Gunting 
- Benang dan jarum (atau mesin jahit, jika punya)
- Meteran

CARA.
1. Ukur buku yang akan disampul. 
Pertama: ukur tinggi buku ditambah 2 cm.


Kedua: ukur lingkar buku ditambah 2cm.


2. Potong tiga lembar kain sesuai dengan tinggi dan lingkar buku yang barusan kita ukur tadi. Tips: Pakailah kain dengan motif tabrak tubruk. Biar lebih nyeni.

3. Ambil satu lembar kain. Bagi dua dan kemudian dipotong secara vertical. Kemudian lipat masing-masing potongan menjadi dua (masih secara vertical). Sisihkan.


Kira-kira bentuk lipatannya kayak gini. Semoga nggak membingungkan, ya.

4. Sekarang posisikan kain dengan susunan sebagai berikut:
Kain pertama dengan posisi benar menghadap keatas. Disusul dengan dua buah kain yang sudah dilipat dan diletakkan pada sisi kiri dan kanan (penting: bagian yang terlipat berada di bagian dalam, sementara yang terbuka berada di pinggir). Terakhir, kain ketiga dengan posisi benar menghadap ke bawah.



Check dan re-check sekali lagi susunannya. Jangan sampai posisi benar terbalik dan atau bagian kain yang terlipat berada di pinggir. Setelah yakin dengan susunannya, silakeun mulai menjahit melingkar tapi sisakan sekitar 5-7 cm.



Bagian yang dibiarkan terbuka ini akan dipakai sebagai tempat untuk membalikkan kain. Jadi usahakan agar lebarnya cukup untuk dilalui sumpelan kain.


Melalui lubang 5-7 cm tadi, tarik keluar kain yang berada di dalam sampai seluruhnya berada diluar (posisi benar berada diluar).

5. Setelah kain dibalik, jahit bagian yang berlubang sampai tertutup rapat.


Kemudian seterika kain sampai licin.
Dan sampul buku dari kain pun siap dipakai.


Salam,
Vina Revi

8 comments:

ayudiah respatih said...

iyaaaa udah ngertilah pokoknya, tinggal praktek aja... nuhuuun^^
*sok sok-an taunya ntar malah kebalik xixixi....

about said...

Dan kalau ternyata beneran kebalik, aku bakal bilang,"Feel it!" alias "Rasakan!". hihi. Masih inget pas aku nyoba bikin Sassy Apron beberapa waktu yang lalu soalnya, Ay. Dimana aku main jebret aja bikinnya (baca tutorialnya sekilas lalu dengan pede ngbatin,"Oke, ngerti deh prinsipnya") dan kemudian berakhir dengan ukuran waist apron yang mirip taplak dilingkerin ke pinggangku.

ichocute said...

kuteknya biru euy.. keren
sampul bukunya juga keren..
gampang sih keliatannya..cuman menghilangkan penyakit malesnya ini yang susah :-)

ayudiah respatih said...

huahahahhahaaa....
aku teh sering bgt gt, bikin apa2 kebolak kebalik...
karena suka sok sok-an, ah cetek itu...kalo udah kejadian aja...
meweekkk...T_T

about said...

haha ... ini foto lama, Teh. Jadi sekarang ini kuku-ku lagi nggak pake cutex. Kebetulan beberapa hari yang lalu lagi ada pesenan makanan. Jadi belum sempet ganjen-ganjenan dan sibuk motong-motong bahan makanan. kkk.

Ayo, Teh. Cobain dibikin. Apalagi Teh Icho kan pinter ngjahit gitu. Yakin lah dalam 10 menit juga jadi. Secara aku yang baru belajar aja cuma butuh 20 menit, kok. *kalau pertama kali nyobain dulu butuh satu jam karena ngajhitnya pake tangan. Jiaaah, pamer kalau udah punya mesin jahit, niy? haha!*

Malas, enyahlah! ^^

about said...

hihi ... iya ya. Kadang-kadang suka lieur untuk menentukan mana posisi benar ketika ngjahit2 kayak begini. Tips: cari aja kain yang motifnya bolak balik. Aman. ^^

eka said...

Permisi Mba,
Tempohari di timeline FB ku muncul cover buku batik,karya Mba Shant. Dari situ,kemudian ada link kemari. Setelah berminggu-minggu, tadi akhirnya memberanikan nyoba bikin. Belum rapih, saya memang payah dalam hal menjahit,tapi pengen bisa. Jadi,tapi agak longgar hehe

Langkahnya jelas untuk diikuti pemula seperti saya ;)
Terima Kasih,Mba telah sudi berbagi :D

about said...

Halo, mEka.
Aduh, senengnya mEka berhasil bikin cover kainnya. Mau liat, dooong. Eh, atau jangan-jangan udah diupload di Facebook tapi saya nggak tahu karena kita memang belum jadi 'friend' disana? ^^

Kalau longgar, mungkin lain kali batas jahitan bisa diberi tanda memakai bolpen atau spidol khusus kain (washable). Sehingga ukurannya bisa bener-bener pas dengan pola.