Es Beras Kencur


Okay, jadi setelah sekian lama join Group Indonesian Food Blogger (lebih dari tiga tahun deh, kayaknya), baru kali ini saya berani ikut tantangannya. Mungkin karena temanya yang cukup praktis dan menarik: Membuat sebuah menu Indonesia berbahan dasar beras. Jadi ya akhirnya saya pede aja gitu untuk menerima tantangan ini. 

Awalnya sempet kepikiran pengen setor resep Nasi Uduk dan atau Nasi Kuning yang dimasak pake rice cooker. Tapi ternyata setelah melihat hasil setoran teman-teman yang lain, whedew, udah ada yang bikin, euy. hihi, malunyaaa. Meskipun bukan berarti bahwa dilarang menyetor resep yang sama loh, ya. Tapi menurut saya justru asiknya mengikuti tantangan IDFB itu kan jika kita bisa saling belajar berbagai macam resep. 

Maka setelah mikir-mikir, akhirnya timbul ide untuk mensubmit resep Beras Kencur andalan saya. Selain karena ini tergolong resep original (saya nggak nyontek resep darimana pun melainkan bener-bener bereksperimen sendiri di dapur alias sibuk menimbang dan mengukur sendiri seluruh bahannya), jenis resepnya pun beverage. Bukan main course. Sehingga diharapkan postingan saya ini bisa memberi warna pada album IDFB Challenge #14. *ngeles padahal karena ngeri aja liat postingan temen-temen di IDFB yang sumpe keren-keren banget itu baik dilihat dari foto maupun resepnya*

Anyway, bagi yang selama ini rajin mengikuti postingan (resep) saya di Random Snippets, mungkin tahu bahwa sebenernya ini bukan kali pertama saya menulis tentang Beras Kencur. Nah, tapi percayalah. Kali ini resepnya berbeda. Selain porsinya saya kurangi (mengingat bahwa beras kencur nggak bisa disimpan terlalu lama --bahkan sudah di dalam kulkas sekalipun), kombinasi bahannya juga sudah saya sempurnakan sesuai dengan masukan dari beberapa teman yang pernah mempraktekkan resep Beras Kencur ala saya ini. Bahasa kerennya: perfected recipe. Tsaaaah.

Baiklah, maka ini resepnya. 
Semoga bermanfaat.

ES BERAS KENCUR



Bahan.
150 gr beras PUREGREEN Organic*
1 liter (1000 ml) air
500 ml air matang
50 gr jahe, kupas
75 gr kencur, cuci bersih
5 cm kayu manis (optional)
5 lembar daun jeruk
1/2 sdt garam
225 gr gula merah, sisir tipis (bisa diganti pake dark atau light brown sugar)

Cara.
1. Beras dicuci bersih. Rendam selama kurang lebih 1-2 jam. 
2. Rebus 1 liter air bersama dengan jahe kupas, kencur yang sudah dicuci bersih, kayu manis (kalau pake) dan daun jeruk. Setelah mendidih masukkan gula merah dan garam. Aduk sampai seluruh gula merah larut. Saring air gula ke wadah bersih. Sisihkan jahe dan kencurnya ke dalam wadah terpisah. Biarkan air gula sampai hangat suam-suam kuku. 
3. Sementara itu, mari kita siapkan campuran berasnya. Caranya: masukkan beras yang sudah direndam ke dalam blender. Haluskan bersama jahe dan kencur serta 500 ml air matang. Saring blenderan beras. 


4. Campur air beras dengan air gula yang sudah hangat. Aduk rata. Tuang ke dalam botol. Simpan dalam kulkas. Beras Kencur siap dinikmati dalam kondisi dingin. Yummy markimi!

Note. 
- Beras Kencur ini tahan disimpan di fridge selama 3-4 hari.
- Kencur nggak perlu dikupas. Simply karena alasan kepraktisan aja sih, sebenernya. Soalnya rempong euy kalau harus ngupas kencur yang kecil-kecil kayak begitu satu persatu. Ehk. Jadi solusinya: silakeun si kencur dicuci bersih sebelum direbus, ya. 


*Beras PUREGREEN
PUREGREEN Organic Rice adalah beras 100% organik yang bebas kimia dan pestisida sehingga aman dan sehat dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Info selengkapnya silakeun di-klik linknya: PUREGREEN (http://puregreenorganic.com/)

7 comments:

Elsye said...

Makasih VIna udah ikutaann...waahh mantepp ini minumannya, pas banget lagi musim hujan hihihihi

ayudiah respatih said...

emhhh...seger banget kayaknya teh..
haahaha dari dulu liat postingan teh Vina yg beras kencur ini, penasaran tp blom praktek2 juga:D

dentistvschef said...

wow, ric milknya enak nih...
slain rasanya mild, di sajiin dingin juga, kreatif mbak!!!
fotonya juga ciamik....

Maya Siswadi said...

waahhh, ternyata gampang ya bikinnya, jadi pengen nyoba

about said...

Iya, di badan anget soalnya, ya.
Ou, makasih juga karena udah dibolehin posting beverage di challenge #14 IDFB ini ... ^^

about said...

hehe, dulu liat di MP berarti ya, Ay? Tapi ada hikmahnya karena belum praktek-praktek juga, loh. Jadi Ayu dapet versi resep yang udah disempurnakan aja gitu. Halagh.

about said...

Halo, Dedi.
Makasih udah mampir, ya.
Thanks juga untuk supportnya. Meskipun aku tahu bahwa foto-fotomu jauuuuuuuh lebih ciamik. ^^